Menurut UU No 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, kurikulum pendidikan tinggi merupakan seperangkat rencana dan pengaturan mengenai isi, bahan kajian, maupun bahan pembelajaran beserta cara penyampaian dan penilaiannya yang berfungsi sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran perguruan tinggi.

Oleh karena itu, seharusnya kurikulum mengatur tentang standar kompetensi lulusan yang diturunkan menjadi kompetensi utama, pendukung dan kompetensi lainnya yang mengarah pada tercapainya tujuan, terimplementasikannya misi, serta terwujudnya visi institusi perguruan tinggi. Standar kompetensi tersebut diturunkan menjadi satuan mata kuliah yang diurai dengan deskripsi mata kuliah, silabus, rencana pembelajaran semester, dan teknik evaluasi.

STIDKI Ar Rahmah dengan program studi Manajemen Dakwah berupaya untuk mempelopori program pencetak imam dan manajer masjid yang handal sekaligus dapat membimbing, mengayomi, dan memimpin ummat.

Berdasarkan hal tersebut, terbentuknya standar kurikulum, pembelajaran, serta suasana akademik yang kuat sebagai komponen kriteria pendidikan STIDKI Ar Rahmah memiliki rasionalisasi sebagai berikut:

  • Menghadirkan model pendidikan yang tepat dan sesuai dengan misi STIDKI Ar Rahmah yang unik dalam mncetak imam dan manajer masjid yang handal;
  • Mengembangkan model pendidikan yang mencerminkan integrasi kompetensi penciri institusi yang jelas, yakni : ilmu manajemen masjid, tahfidz Al Qur’an 30 juz, serta ilmu dakwah dan keislaman;
  • Menghadirkan proses pembelajaran yang terencana, terprogram, dan terlaksana secara efektif, efisien, dan relevan;
  • Menjadi dasar terbangunnya standarisasi proses dan evaluasi pelaksanaan dalam upaya penjaminan mutu pendidikan STIDKI Ar Rahmah.

Formula Kurikulum

Sejak berdiri pada tahun 2015, prodi Manajemen Dakwah STIDKI Ar Rahmah berupaya untuk mengembangkan kurikulum yang tepat dan relevan, serta mampu menjawab kebutuhan ummat akan pengembangan masjid di masa mendatang dan perubahan kondisi lingkungan yang dihadapi oleh institusi.

Untuk menguatkan hal itu, dalam proses penyusunan, pengembangan, dan pemutakhiran kurikulum, prodi Manajemen Dakwah STIDKI Ar Rahmah berupaya melibatkan para stakeholders dan pakar, di antaranya sebagai berikut :

  • Kegiatan review kurikulum yang diselenggarakan pada tanggal 22 Agustus 2015 yang melibatkan pengurus dan pembina yayasan, pimpinan, dosen tetap, perwakilan donatur dan masjid, serta tiga reviewer ahli, yakni :
  • Dr. H. Mastuki, H.S., M.Ag yang saat itu menjabat sebagai Kasubdit Kelembagaan Diktis Kemenag RI
  • Prof. Dr. Moh. Ali Aziz, M.Ag. Guru Besar UIN Sunan Ampel, Ketua APDI (Asosiasi Profesi Dakwah Indonesia)
  • Dr. M. Kholid Muslih, MA (Ka. Program Studi pada Program Pascasarjana Universitas Darussalam Gontor). Reviewer ketiga karena kendala teknis, tidak jadi hadir dalam acara, namun tetap mengirimkan ulasan review-nya melalui email.
  • Review kurikulum II sekaligus Workshop Penyusunan Kurikulum Berbasis KKNI yang diselenggarakan pada tanggal 12 Oktober 2017 dengan reviewer utama Dr. Abdul Muhid, M.Si., salah satu Tim Ahli Kopertais Wilayah IV Surabaya. Acara ini selain dihadiri manajemen dan dosen tetap, juga dihadiri perwakilan unsur donatur dan masjid.
  • Audiensi pengembangan kurikulum bersama Dr. Gancar Candra Premananto, M.Si. (Ketua Program Studi Magister Manajemen Unair) pada tanggal 8 Oktober 2018.
  • Berdasarkan Dokumen Kurikulum Berbasis KKNI Prodi Manajemen Dakwah, profil lulusan Prodi Manajemen Dakwah STIDKI Ar Rahmah adalah sebagai berikut :
  • Imam Masjid yang hafal Al-Qur’an 30 Juz (Profil Penciri Perguruan Tinggi)
  • Pengelola masjid Profesional dan Pemimpin yang Menjadi Panutan Ummat (Profil Utama Prodi)
  • Praktisi Dakwah (Profil Tambahan)
  • Praktisi yang cakap mengembangkan ilmu Al-Qur’an dan Ilmu Keislaman (Profil Tambahan).

Berdasarkan profil lulusan di atas, diformulasikan :

  • Capaian pembelajaran terkait aspek sikap dan tata nilai, aspek keterampilan umum, maupun aspek keterampilan khusus yang relevan dan mengacu pada terbentuknya profil lulusan di atas.
  • Struktur kurikulum dengan mata kuliah yang didesain berdasarkan bahan kajian dalam memenuhi capaian pembelajaran yang telah ditetapkan.
  • Dokumen terkait hal di atas (pemetaan capaian pembelajaran, bahan kajian, dan mata kuliah) terlampir.
  • Data kurikulum prodi Manajemen Dakwah berdasarkan dokumen kurikulum berbasis KKNI, dapat diketahui hal-hal sebagai berikut:Profil lulusan prodi Manajemen Dakwah STIDKI Ar Rahmah diturunkan menjadi 17 Capaian Pembelajaran aspek sikap dan tata nilai, 9 Capaian Pembelajaran aspek keterampilan umum, 14 Capaian Pembelajaran aspek keterampilan khusus, dan 14 Capaian Pembelajaran aspek penguasaan pengetahuan.
  • Beban belajar mahasiswa prodi S1 Manajemen Dakwah STIDKI Ar Rahmah yang ditempuh selama 4 tahun adalah sebesar 149 sks. Pemenuhan beban belajar ini dilakukan dengan sistem paket di setiap semesternya, kecuali pada kasus mahasoswa yang dinyatakan tidak lulus di salah satu mata kuliah. Beban belajar ini terdistribusi beragam di setiap semesternya  dengan maksimal 23 sks/semester.
  • Konversi bobot kredit mata kuliah ke jam praktikum/praktik/praktik lapangan adalah sebesar 170 menit/sks/minggu, atau dengan pembulatan setara dengan 3 jam/sks/minggu.

Pembelajaran

Dalam rangka menerapkan proses pembelajaran yang bersifat yang bersifat interaktif, holistik, integratif, saintifik, kontekstual, tematik, efektif, kolaboratif, dan berpusat pada mahasiswa serta untuk mencapai pemenuhan capaian pembelajaran yang telah ditetapkan dalam dokumen kurikulum berbasis KKNI, prodi Manajemen Dakwah STIDKI Ar Rahmah melakukan hal-hal sebagaimana berikut:

  • Menetapkan jumlah mahasiswa per kelas maksimal 36 orang;
  • Mengembangkan pendekatan pembelajaran yang bersifat transformatif, yakni : berpusat pada keaktifan peserta didik (Student Centered Learning), mengintegrasikan penanaman hardskill dan softskill dalam pembelajaran, mengintegrasikan antara pengetahuan, keterampilan dan sikap sebagaimana diamanatkan dalam dokumen kurikulum, mengacu pada prinsip pendidikan orang dewasa, mendorong terbangunnya kerja sama antar peserta didik, memberikan penekanan pada pengalaman belajar (experiential learning) dalam bentuk simulasi, role playing, dll, penggunaan berbagai media pembelajaran (web based, multimedia, dll), mendorong peningkatan interaksi pendidik dan peserta didik termasuk dalam pemberian umpan balik (feedback), pengintegrasian pembelajaran dalam kegiatan kemahasiswaan.
  • Dalam implementasinya, sebagian besar dosen telah berupaya menerapkan beragam metode SCL dinatas, seperti : diskusi kelompok, presentasi kelompok, discovery learning, cooperative dan  collaborative learning, project based learning, dan problem based learning terutama pada mata kuliah di rumpun manajemen.

Sebagai bentuk perencanaan agar proses pembelajaran benar-benar mengacu pada dokumen KKNI, prodi Manajemen Dakwah STIDKI Ar Rahmah mewajibkan setiap dosen untuk membuat Rencana Pembelajaran Semester (RPS), dengan ketentuan sebagai berikut:

  • Kedalaman dan keluasan materi ajar dalam RPS mengacu pada capaian pembelajaran lulusan yang ditetapkan dalam dokumen KKNI;
  • RPS/Silabus ditetapkan dan dikembangkan oleh dosen secara mandiri atau bersama dalam kelompok keahlian di prodi serta senantiasa ditinjau serta disesuaikan secara berkala;
  • RPS yang dibuat dosen mencakup :
  • Nama Program Studi, nama dan kode mata kuliah, semester, sks, nama dosen pengampu;
  • Capaian pembelajaran lulusan yang dibebankan pada mata kuliah;
  • Kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap
  • Pembelajaran untuk memenuhi capaian pembelajaran lulusan;
  • Bahan kajian yang terkait dengan kemampuan yang akan dicapai;
  • Metode pembelajaran;
  • Waktu yang disediakan untuk mencapai kemampuan pada tiap tahap pembelajaran;
  • Pengalaman belajar mahasiswa yang diwujudkan dalam deskripsi tugas yang harus dikerjakan oleh mahasiswa selama satu semester;
  • Kriteria, indikator, dan bobot penilaian;
  • Daftar referensi yang digunakan RPS disosialisasikan kepada mahasiswa pada awal perkuliahan

Pelaksanaan proses pembelajaran di prodi Manajemen Dakwah STIDKI Ar Rahmah mencakup berbagai bentuk interaksi antara dosen, mahasiswa, dan sumber belajar di mana mahasiswa didorong untuk berfikir kritis, bereksplorasi, berekspresi, bereksperimen dengan memanfaatkan aneka sumber belajar.

Dengan mengacu pada sasaran pembelajaran, dosen yang mengampu mata kuliah memastikan mahasiswa dapat mengakuisisi, menginternalisasi, dan menerapkan kompetensi yang diberikan dengan fasilitas berbagai bahan ajar, baik cetak (printed) seperti handout, buku, modul, lembar kerja, atau bahan ajar audio visual, serta bahan ajar berbasis web (web based learning materials).

Dalam proses pelaksanaan pembelajaran ini, prodi juga melakukan monitoring terhadap kesesuaian proses terhadap RPS yang telah dibuat dosen dan pemantauan metode pembelajaran yang diterapkan untuk mendukung capaian pembelajaran sesuai kekhasan masing-masing mata kuliah. Pada mata kuliah dalam rumpun manajemen dan dakwah sosial, studi kasus sering digunakan terutama untuk memanfaatkan keterkaitan kegiatan penelitian dan PKM dalam proses pembelajaran.

Monitoring dan evaluasi pelaksanaan proses pembelajaran dilakukan langsung oleh Unit Pelaksana Penjaminan Mutu (UPPM) pada setiap akhir semester dengan kegiatan:

  • Melakukan proses monitoring terhadap kehadiran mahasiswa dan kehadiran dosen;
  • Melakukan proses monitoring untuk memastikan jumlah tatap muka telah sesuai dengan ketentuan yang berlaku yaitu minimal 16 pertemuan (termasuk di dalamnya UTS dan UAS);
  • Melakukan proses monitoring terhadap kesesuaian materi kuliah yang diajarkan dengan mencocokkan antara jurnal perkuliahan dengan RPS/silabus di setiap semesternya;
  • Melakukan proses monitoring terhadap mutu soal ujian dan kesesuaiannya dengan isi silabus sehingga menghasilkan soal ujian yang benar-benar dapat menjadi alat ukur kompetensi yang ditetapkan;
  • Evaluasi kepuasan pembelajaran dilakukan setiap akhir Tahun Akademik melalui kuesioner online. Hasil evaluasi tersebut menjadi bahan bagi pimpinan dalam menilai kinerja dosen dalam pelaksanaan perkuliahan.

Pelaksanaan penilaian pembelajaran di prodi Manajemen Dakwah STIDKI Ar Rahmah mengacu pada Permenristekdikti Nomor 44 Tahun 2015 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi yang mencakup kriteria minimal penilaian proses dan hasil belajar mahasiswa dalam rangka pemenuhan capaian pembelajaran lulusan, yakni:

  • Prinsip penilaian : Prodi menyelenggarakan proses penilaian dengan mengikuti prinsip edukatif, otentik, objektif, akuntabel, dan transparan yang dilakukan secara terintegrasi;
  • Teknik dan instrumen penilaian dosen dilakukan dengan observasi, partisipasi, unjuk kerja, tes tertulis, tes lisan, dan angket;
  • Mekanisme dan prosedur penilaian dengan tahapan perencanaan, pemberian tugas atau soal, observasi kinerja, pengembalian hasil observasi, dan pemberian nilai akhir;
  • Pelaksanaan penilaian menggunakan rubrik sebagai instrumen penilaian dan teknik observasi untuk penilaian penugasan sikap mahasiswa;
  • Pelaporan penilaian dilakukan oleh dosen kepada admin prodi dan kemudian prodi memasukan nilai tepat waktu untuk seluruh mata kuliah;
  • Kelulusan mahasiswa pada setiap mata kuliah prodi Manajemen Dakwah sesuai nilai akhir dalam bentuk angka yang dikonversikan ke dalam bentuk huruf. 

Konversi Nilai STIDKI Ar Rahmah

Rentang nilaiHurufKeterangan
91-100A+Lulus
86-90ALulus
81-85A-Lulus
76-80B+Lulus
71-75BLulus
66-70B-Lulus
61-65C+Tidak Lulus
56-60CTidak Lulus
51-55C-Tidak Lulus
<50DTidak Lulus

Kurikulum

NOMORSEMESTERKODEMATA KULIAHSKS
11ALQ 101Akhlaq 2
21AQD101Aqidah 12
31BAR201Bahasa Arab 13
41BIN201Bahasa Indonesia3
51FQI101Fiqih Ibadah 12
61ITJ201Ilmu Tajwid 12
71PNC301Pancasila2
81THZ101Tahfidzul Qur’an 13
91TZN101Tazkiyatun Nafs 12
102AQD102Aqidah 22
112BAR202Bahasa Arab 24
122ITj102Ilmu Tajwid 22
132FQI102Fiqih Ibadah 22
142KWN301Kewarganegaraan2
152STI101Pengantar Studi Islam2
162SNB101Siroh Nabawiyyah 12
172THZ102Tahfidzul Quran 23
182TZN102Tazkiyatun Nafs 22
193AQD103Aqidah 32
203SNB102Siroh Nabawiyyah 22
213BAR203Bahasa Arab 32
223BNG201English for Academic Communication2
233ITJ103Ilmu Tajwid 32
243FQI103Fiqih Ibadah 32
253PMN101Pengantar Manajemen2
263THZ103Tahfidzul Quran 33
273UHD101Ulumul Hadist 12
283UQR101Ulumul Quran 2
294BAR204Bahasa Arab 42
304BNG202English for Scientific Translation3
314IDK101Ilmu Dakwah3
324PKO201Perilaku Keorganisasian2
334QOF101Qowaid Fiqhiyah2
344ITJ104Ilmu Tajwid 42
354THZ104Tahfidzul Quran 43
364TTR101Tarikh Tasyri’2
374USF101Ushul Fiqh 12
384UHD102Ulumul Hadits 22
395BAR205Bahasa Arab 52
405USF102Ushul Fiqh 22
415FQD101Fiqih Dakwah 12
425MNK101Manajemen Keuangan2
435MOP101Manajemen Operasi 3
445MPM101Manajemen Pemasaran 3
455MSM101Manajemen SDM 3
465STD301Statistika Dasar 2
475THZ105Tahfidzul Quran 53
486BAR206Bahasa Arab 62
496FQD102Fiqih Dakwah 22
506KPS101Kepemimpinan Sosial2
516MST101Manajemen Strategik3
526MEP301Metodologi Penelitian3
536PKD101Psikologi Komunikasi dakwah2
546THZ106Tahfidzul Qur’an 63
556NAQ101Naghom Al-Qur’an2
567PMD101Praktikum Manajemen Dakwah4
577TSH301Tashihul Hifdzi 13
587PSR101Proposal Skripsi2
598KKD101Kuliah Kerja Dakwah4
608TSH302Tashihul Hifdzi 23
618SKR101Skripsi4

Kuliah Umum “Membangun Peradaban Islam yang Gemilang” bersama UKM Malaysia : Prof. Dato’ Noor Aziah Mohd Awal selaku Wakil Rektor UKM, Prof. Datin Paduka Dr. Jawiah Dakir selaku Wakil Direktur Institut Islam Hadhari Malaysia UKM), Prof. Madya Dr. Masyitah Selaku Guru Besar UKM, Dr. Muhammad Hilmi Abdul Jalil dan Ustadz Haji Shamsul Azhar, MA selaku Dosen UKM, 13 April 2016.

Kuliah Umum “Bahasa Arab sebagai Bahasa Dakwah dan Penyatu Ummat” bersama Syekh Dr. Muhammad Husaini Faraj., Mab’uts dari Universitas Al Azhar, 5 Oktober 2019

Scroll to Top