KKD (Kuliah Kerja Dakwah)

KKD Kuliah Kerja Dakwh adalah bentul lain darii KKN Kuliah Kerja Nyata. Biasannya program ini dilaksanakan langsng ke masyarakat. Namun di musim Pandemi Coronavirus Disease (Covid-19) memaksa pelaksanaan program KKD ini dalam bentuk yang berbeda.

Diperlukan alternatif-alternatif model pelaksanaan KKD dalam jaringan (daring) selama masa pandemi Covid-19 ini untuk mendorong lahirnya generasi yang bertanggung jawab dan tanggap terhadap kondisi kekinian masyarakat. Model baru KKD daring adalah alternatif jawaban yang dipilih oleh STIDI Ar Rahmah Surabaya.

KKD merupakan bagian pembelajaran yang memiliki peran strategis dalam mengintegrasikan darma pengabdian kepada masyarakat dengan darma pendidikan dan penelitian, sehingga kepedulian dan kepekaan sosial (civic responsibility) mahasiswa dapat tumbuh dan berkembang.

Model baru KKD daring yang dituntut adaptif terhadap tantangan pandemi Covid 19 ini diharapkan tetap mampu mengakomodir nilai-nilai penting pembelajaran dalam pembentukan profil lulusan Prodi Manajemen Dakwah STIDKI Ar Rahmah, yakni : penanaman kepedulian dan kontribusi kemasyarakatan berbasis masjid, kemampuan membangun kerja sama dan jaringan di tengah masyarakat, kemampuan operasional dakwah digital dan tradisional, serta mendukung program-program pemerintah dan institusi kampus.

Tujuan dari KKD Daring STIDKI Ar-Rahmah Surabaya  adalah sebagai berikut.

  • Mendukung program penanggulangan dan pencegahan Covid-19;
  • Bentuk implementasi darma Pengabdian kepada Masyarakat berbasis masjid;
  • Menjadi sarana implementasi proses pendidikan dan penelitian dalam aktivitas riil kemasyarakatan;
  • Menguatkan kemampuan teamwork dan networking mahasiswa;
  • Meningkatkan kemampuan operasional mahasiswa dalam dakwah digital;
  • Mendukung keberlanjutan program-program pemerintah dan institusi kampus.

Tema KKD Daring STIDKI Ar Rahmah Surabaya di musim Pandemi Covid-19 adalah ”Semangat Mengabdi dan Berinovasi di Era Pandemi” Bentuk dan target kegiatan KKD ini berbasis pada individu dan kelompok.

Kegiatan Berbasis Individu

No

Bentuk Kegiatan

Deskripsi

Sasaran

Indikator Keberhasilan

1

Mengambil peran sosial di masyarakat

 

Mahasiswa mengambil peran sosial di sekitarnya dengan menjadi panitia/ narasumber/ petugas acara dalam kegiatan RT/RW/ Kelurahan/ Takmir Masjid sekitar

RT/RW/Pengurus Masjid sekitar

Mahasiswa memiliki pengalaman minimal 2 peran sosial berbeda di masyarakat sekitarnya yang dibuktikan dengan foto dan jurnal kegiatan.

2

Membuat konten Youtube berupa video murottal/ceramah

Mahasiswa secara mandiri membuat video murottal/ceramah singkat yang dibuat dan diolah dengan HP kemudian diposting di YouTube

Warganet / umum

Postingan video di Youtube memperoleh minimal 30 likes

Scroll to Top